ruang guru lms

Wiki Article

Jika kamu miliki hobi membaca, apalagi tulisan-tulisan nonfiksi, pasti anda nggak asing lagi bersama dengan istilah artikel. Kamu bisa mendapatkan postingan artikel terhadap rubrik khusus di majalah, koran, atau artikel ilmiah yang sanggup kamu temukan di Google Scholar, Scopus, dan lain-lain. Bahkan, pas ini pun anda tengah membaca sebuah artikel, lho.

Hmm, namun apa sih yang dimaksud bersama artikel itu? Bagaimana susunan dan apa saja jenis-jenis artikel? Simak penjelasan berikut, ya.

Pengertian Artikel

Artikel adalah karangan berisi fakta dan opini yang dibuat untuk dipublikasikan di fasilitas cetak maupun media sosial. Artikel bertujuan untuk mengemukakan ide ditambah information dan fakta yang di sajikan didalam wujud tulisan. Sebuah artikel sanggup meyakinkan, mendidik, dan menghibur pembaca, lho. Menurut kamu, ketika membaca Blog Ruangguru, manfaat apa yang dirasakan? Komen di bawah yaa~

Tujuan Artikel

Setiap hal yang kita cobalah untuk sampaikan di dalam tulisan, tentunya memiliki tujuan, ya guys. Tulisan-tulisan berikut apabila teks prosedur yang tujuannya untuk memberi petunjuk, teks eksplanasi untuk mengatakan sesuatu. Nah di artikel ini kita mengupas berkenaan tujuan berasal dari teks artikel.

Tujuan berasal dari artikel bisa di memandang berasal dari 2 sudut pandang, yakni obyek bagi penulis artikel, dan obyek bagi pembacanya. Tujuan teks artikel bagi penulis iyalah:

Sarana untuk mengemukakan gagasan,
Sarana untuk berpikir secara sistematis,
Sarana publikasi hasil analisis secara ilmiah,
Sarana untuk menguraikan atau mengupas pokok masalah yang telah ditentukan oleh peneliti,
Sarana untuk mengatakan atau mengupas suatu masalah sesuai bidang pengetahuan tertentu.
Nah itu tadi lebih dari satu tujuan artikel bagi penulis. Sementara itu, tujuan dan kegunaan yang diterima pembaca artikel adalah sebagai berikut:

Sarana mendapatkan ilmu dan informasi

Sarana untuk mengedukasi

Sarana hiburan bagi pembaca


Ciri-ciri Artikel

Setelah tau obyek artikel berasal dari sisi penulis maupun pembaca, sekarang kami pelajari perihal apa saja ciri-ciri artikel, ya! Kamu mampu mengidentifikasi sebuah teks artikel, jikalau postingan berikut punya ciri sebagai berikut:

1. Isi postingan di dalam artikel didasari oleh fakta
Seluruh tulisan dalam artikel merupakan perihal yang nyata dan bukan sebuah rekayasa penulis maupun mitos.

2. Bersifat faktual dan informatif
Artikel berupa faktual yang berarti berdasarkan kenyataan dan punya kandungan kebenaran. Serta informatif yang artinya mengimbuhkan Info berdasarkan hasil penelitian yang dapat dipastikan kebenarannya.

3. Mengandung opini atau inspirasi yang subyektif
Artikel ditulis berdasarkan gagasan atau opini penulisnya. Akan tetapi, analisis berikut dilandasi oleh fakta, hasil penelitian, maupun teori.

4. Artikel ditulis secara singkat, padat, dan jelas

Agar enteng untuk di terima pembaca, artikel terhitung ditulis dengan komunikatif, tidak bertele-tele, dan ringkas. Maka dari itu artikel terhitung disebut sebagai postingan ilmiah populer.

5. Penulisan artikel dibuat dengan sistematis

Artikel punya bagian-bagian spesifik ruang guru hari ini dan ditulis secara sistematis, sehingga pembaca bisa menyadari isinya bersama mudah.

Nah, setelah kamu jelas pengertian dan ciri-ciri artikel. ruang guru fisika kelas 10 Kira-kira anda tertarik nggak untuk membawa dampak artikel? Eiits, namun sebelum akan itu, anda mesti memahami pernah gimana struktur sebuah artikel.

Hmm, layaknya yang kami tahu, tiap tiap teks tentu memiliki struktur. Dengan mengetahui struktur teks, kita dapat lebih ringan untuk membuat artikel, lho!

---

Sebelum lanjut ke materi struktur artikel, saya berkenan kasih tau program persiapan UTBK terlengkap berasal dari Ruangguru, nih! Yu, klik banner di bawah untuk Info lebih lanjut~

Paket Kilat UTBK

Struktur Artikel

Secara umum, struktur artikel terdiri berasal dari tiga bagian, yaitu anggota Pernyataan pendapat atau tesis, bagian argumentasi, dan anggota pernyataan ulang atau reiterasi. Penjelasannya ada di bawah ya:

1. Pernyataan pendapat atau tesis
Bagian pada struktur artikel ini berisi uraian aktual yang mutlak untuk dijadikan pijakan pembahasan di di dalam artikel.

2. Argumentasi
Kemudian, anggota argumentasi yang memuat persoalan yang coba dibahas dan dapat dikupas secara faktual dan informatif.

3. Pernyataan kembali atau Reiterasi

Bagian struktur artikel yang terakhir yakni berisi kalimat kunci yang merangkum pembahasan ke didalam wujud simpulan.

Jenis-jenis Artikel

Berdasarkan cara penyampaian dan tingkat kesulitan, tipe artikel dibedakan jadi empat macam nih. Kita bahas jenis-jenis artikel satu persatu ya:

1. Artikel praktis

Artikel praktis merupakan artikel yang mengutamakan keterampilan daripada pengembangan pengetahuan. Artikel ini condong naratif, bermakna pesan yang disusun sesuai bersama alur waktu, peristiwa, atau tahapan.

Kamu pernah membaca artikel perihal petunjuk membuat suatu hal atau cara memperbaiki dan mengoperasikan suatu alat? Nah, itu terhitung ke di dalam artikel praktis.


2. Artikel ringan

Hal utama yang dibahas dalam artikel ini ialah masalah yang mudah dan nggak butuh pemahaman yang mendalam. Biasanya, penulis mengemas artikel ini bersama dengan humor atau berikan kesan menghibur pembaca, tapi isinya senantiasa informatif ya.

Jadi, pembaca tidak mesti berkonsentrasi penuh untuk membaca sebuah artikel ringan. Kamu sanggup mendapatkan artikel ini di majalah remaja, koran, atau blog. Contohnya kayak di Blog Ruangguru di bawah ini.

3. Artikel opini

Secara lazim seluruh artikel adalah opini. Tapi, tipe artikel ini cuma ada di dalam surat kabar atau majalah yang mempunyai penempatan khusus, lho. Penempatan spesifik ini terdapat didalam rubrik sekiranya kolom opini, tajuk rancangan atau editorial, dan lain-lain. Oh ya, umumnya artikel ini mengulas suatu problem secara mendalam, menjadi dapat lebih baik sekiranya penulis wajib memiliki pemahaman dan telah ahli di bidang tersebut.

4. Artikel analisis pakar

Jenis artikel ini bisa dikatakan bentuk artikel yang paling “serius” diantara artikel lainnya. Artikel kesimpulan pakar berisi laporan sistematis berkenaan hasil kajian atau penelitian, bila skripsi, tesis, disertasi atau penelitian lainnya.

Ciri khasnya yaitu penyajiannya yang tidak panjang lebar tapi tidak ceo ruang guru kurangi nilai keilmiahannya. Biasanya artikel ini dimuat pada jurnal-jurnal ilmiah. Bedanya, artikel lain biasa memanfaatkan bhs populer, sedang artikel ini wajib memakai bahasa baku atau ilmiah. Beberapa orang menyebutnya artikel ilmiah.

Report this wiki page